Logo
images

Ketua Umum Yusuf Mujiono melantik Pengurus Pewarna Kalteng dengan Ketua Frida Magdalena

GUBERNUR KALTENG AJAK PEWARNA JADI MITRA DALAM PEMBERITAAN PEMBANGUNAN DAN MELAWAN HOAKS

PELANGIINDONESIA.ID, PALANGKA RAYA – Ikut berperan membantu pembangunan di Kalimantan Tengah secara khusus di bidang pemberitaan informasi pembangunan dan kemajuan daerah menjadi harapan Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran kepada Pengurus Daerah Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah yang dilantik oleh Yusuf Mujiono Ketua Umum Pengurus Pusat Pewarna Indonesia, Jumat (29/10/2021), di Betang Hapakat, Jl. RTA Milono Km. 4 Palangka Raya.

Jajaran Kepengurusan Pewarna Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah yang dilantik.

“Selaku kepala daerah saya menyambut baik dan mendukung keberadaan dari Pengurus Daerah Persatuan Wartawan Nasrani (PD Pewarna), yang pada hakekatnya untuk ikut berperan membantu pembangunan di Kalimantan Tengah secara khusus di bidang pemberitaan informasi tentang kegiatan pembangunan sebagai tolok ukur kemajuan daerah, dimana peran serta jurnalis dituntut untuk menyajikan berita-berita yang berkualitas dan factual, agar selalu dapat memberi semangat dan menyejukkan kepada masyarakat,” terang Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Damekson dari Kominfo Santik Kalteng.

Menurut Sugianto Sabran, di dalam demokrasi saat ini masyarakat butuh informasi yang benar dan faktual sebagai bentuk transparansi pemberitaan berkualitas dan peran Pewarna Kalteng sangat diperlukan.

“Dilantiknya Pengurus Daerah Pewarna Provinsi Kalimantan Tengah periode 2021-2026 diharapkan bisa memberi dukungan informasi yang berarti bagi masyarakat serta menjadi mitra yang baik bagi pemerintah dalam bentuk saran dan kritik yang membangun, apalagi ditengah pandemic Covid-19 yang masih belum berakhir ini, dibutuhkan Kerjasama dan kepedulian bersama,” ungkapnya.

Terkait dengan kemerdekaan pers sebagai salah satu wujud kedaulatan rakyat, sebagaimana termaktub dalam UUD 1945 Pasal 28F, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus mendorong kemajuan pers dalam menyajikan berbagai informasi kepada masyarakat khususnya program kegiatan pembangunan pemerintah pusat dan daerah.

“Pers memiliki peran strategis dalam menyukseskan pembangunan. Pers membantu pemerintah pusat dan daerah agar setiap program atau kegiatan pembangunan dapat terinformasi dengan baik dan benar kepada masyarakat untuk mengetahuinya, baik yang telah dilakukan, yang sedang dilakukan, maupun yang akan dilakukan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sugianto Sabran mengajak Pewarna Kalteng untuk menjadi mitra Pemerintah Provinsi Kalteng dalam upaya menekan potensi penyimpangan informasi palsu atau hoaks.

“Penyimpangan informasi atau hoaks merupakan musuh bersama. Pers hendaknya dapat menjadi garda terdepan memerangi hoaks. Sehubungan dengan itu, saya mengajak kita sekalian memerangi dan melawan hoaks, karena kita sepakat pembiaran atas penyebaran berita bohong bisa berbahaya, bisa menyebabkan konflik di tengah masyarakat yang senantiasa mengedepankan hidup damai, kekeluargaan dan persaudaraan,” ungkapnya.

“Pewarna sebagai organisasi kewartawanan memiliki peranan penting dalam membina wartawan, agar tehindar dari kontaminasi isu hoaks yang banyak beredar di media sosial. Oleh karena itu, saya berharap Pewarna dapat lebih memaksimalkan perannya dalam membina reka-rekan wartawan, khususnya yang ada di Kalimantan Tengah,” ungkapnya lagi.

Pada bagian akhir sambutan tertulisnya, Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran menyatakan sangat mendukung setiap program yang dilaksanakan Pewarna sepanjang tujuannya adalah untuk memberikan informasi sesuai fakta sebenarnya.

“Pemerintah tentunya sangat mendukung setiap program yang dilaksanakan Pewarna. Akhir kata, kami mengucapkan selamat kepada seluruh Pengurus Daerah Pewarna Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah yang dilantik. Selamat menjalankan tugas jurnalistiknya dengan baik dan memberikan karya pemberitaan dan kata yang bermanfaat untuk masyarakat,” tutupnya.

Sekretaris Jenderal Ronald Stevly Onibala saat membaca SK Pengesahan Pengurus Pewarna Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah

Ketua PD Pewarna Kalteng Frida Magdalena saat dilantik Ketum Pewarna Indonesia Yusuf Mujiono

Tampak Pengurus Pusat Pewarna Indonesia yang hadir mendampingi Ketua Umum Yusuf Mujiono adalah Sekretaris Jenderal Ronald Stevly Onibala, Bendahara 1 Grace Lumintang dan Ketua pengembangan wilayah Kalimantan dan Sumatera Alex Wulur.

Sementara itu, terbentuknya kepengurusan PD Pewarna Kalteng tak lepas dari support Ketua Dewan Pengawas Pewarna Kalteng Pdt. Bobo Wanto Baddak. Adapun PD Pewarna Kalteng; Ketua Frida Magdalena, Sekretaris Darity Hildan, Wakil Ketua Altius Utama dan Bendahara Margaretha Frebianty, dilengkapi bidang-bidang. Selesai pelantikan dilanjutkan Rakerda I yang membahas program kerja priode 2021 dan 2022, dan mendengar paparan serta arahan Pengurus Pusat. (Red)

 



Tinggalkan Komentar