Logo
images

PEMKOT BEKASI SAMPAIKAN TERIMA KASIH KEPADA BPD BEKASI GBI

PELANGIINDONESIA.ID., BEKASI – Bertempat di Pendopo Kantor Walikota Bekasi, Badan Pekerja Daerah Bekasi Gereja Bethel Indonesia (BPD BEKASI GBI) menyerahkan bantuan paket sembako melalui Pemkot Bekasi. Didampingi Pdt. Nuah Ginting (Wakil Ketua 2), Pdt. Stefanus H. Karsten, S.Th (Sekretaris BPD), Bapak M. Manik, SE., M.Th (Penyelenggaran Kristen Kakemenag Kota Bekasi), Pdt. Welem Doko, S.Th., MA (Kabid Pelmas), Ketua BPD Bekasi GBI Pdt. Sahala Nainggolan, M.Th secara simbolis menyerahkan seluruh bantuan tahap pertama ini kepada Bapak Wakil Walikota Bekasi, Dr. H. Tri Adhianto Tjahyono, SE., MM., Hari ini, Rabu (01/04).

“Tentunya mewakili pemerintah Kota Bekasi, mengucapkan terima kasih kepada partisipasi yang dilakukan oleh seluruh warga masyarakat. Dan ini adalah bagian dari adanya suatu kepedulian dalam menghadapi suatu bencana,” tutur pria yang lebih akrab dipanggil Mas Tri kepada wartawan yang hadir.

“Ini adalah bagian dari instruksi pak walikota bagaimana kita sekarang lebih mengupayakan untuk kebersamaan, lebih peduli dimana yang merasakan ada suatu kelebihan membantu masyarakat yang dalam posisi kekurangan,” tuturnya lagi, seraya mengajak elemen masyarakat yang lain untuk lebih peduli memberi bantuan kepada sesama warga yang terdampak wabah Covid-19.

Lebih jauh, Wakil Walikota Bekasi ini menjelaskan bahwa sekalipun kecil, bantuan Paket Sembako yang diberikan BPD Bekasi GBI akan meringankan beban masyarakat yang terdampak.

“Kita tahu sendiri dengan kondisi karantina wilayah yang sudah ditetapkan tentunya ada keterbatasan akses. Oleh karena itu bagi mereka yang kemudian berdampak seperti pekerja harian, pabriknya yang harus mengurangi jam operasional, pabrik-pabrik yang harus tutup tidak ada produksi, kemudian angkutan-angkutan yang tidak jalan, ini semua yang pasti merasakan dampak langsung terkait dengan ekonomi. Minimal dengan bantuan yang diberikan pihak ketiga ini dapat meringankan,” terang Tri Adhianto.

“Menutupi tidak mungkin tetapi meringankan. Ini adalah salah satu bentuk bagaimana kita gotong royong, peduli dengan sesama. Dan mudah-mudahan dari BPD Bekasi GBI akan menjadi suatu motor, sehingga nanti pada akhirnya kepada seluruh warga masyarakat yang memiliki kemampuan lebih, mari kita salurkan pada orang-orang yang memang membutuhkan,” terang Tri Adhianto lagi.

Sementara itu, Ketua BPD Bekasi GBI, Pdt. Sahala Nainggolan menuturkan bahwa bantuan yang diberikan hari ini, merupakan donasi pejabat-pejabat dan jemaat GBI yang ada di Kota dan Kabupaten Bekasi. Ia juga menuturkan bahwa bantuan hari ini merupakan wujud kepedulian gereja dalam berkontribusi membantu pemerintah mengatasi wabah Covid-19.

“Kami BPD Bekasi GBI bersama pendeta-pendeta juga jemaat, terbeban ikut membantu dalam tanggap Covid-19 ini. Ini adalah upaya kontribusi gereja bahwa gereja peduli terhadap masyarakat yang sedang menghadapi masalah seperti ini. Gereja tidak bisa berbuat banyak tetapi kami berusaha semampu kami. Apa yang Tuhan taruh dalam hati kami, kami berbagi kepada masyarakat dalam hal ini melalui pemerintah Kota Bekasi,” tuturnya.

“Kami berharap supaya bantuan kami ini, apa yang kami lakukan ini, bisa bermanfaat dan bisa disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," tuturnya lagi.

Terkait kepada siapa bantuan ini akan diberikan, Pdt. Sahala Nainggolan menyerahkan semuanya kepada Pemerintah Kota Bekasi.

“Pihak-pihak yang menerima ini kami serahkan kepada pemerintah kota, nanti pemerintah kota yang akan menyerahkan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena kalau kami yang menyerahkan, kami tidak tahu kepada siapa saja orang-orang yang tepat. Harapan kami supaya bantuan ini diterima oleh masyarakat yang sangat membutuhkan,” terang Ketua BPD Bekasi GBI.

Pada akhirnya, sebagai Ketua BPD Bekasi GBI, Pdt. Sahala Nainggolan menyampaikan pesan dan harapan bagi seluruh warga gereja GBI yang ada di Kota dan Kabupaten Bekasi agar tetap mengikuti himbauan pemerintah, menjaga kesehatan dan terus berdoa agar Tuhan menolong bangsa dan negara khususnya Kota Bekasi bisa bebas dari wabah Covid-19.

“Pesan saya kepada warga jemaat GBI di Kota dan Kabupaten Bekasi ini, supaya kita mengikuti himbauan dari pemerintah untuk tetap stay di rumah, menjaga kesehatan, menjaga jarak dengan yang lain, dan tentunya terus berdoa, supaya Tuhan menolong bangsa dan negara kita. Bberdoa untuk presiden, TNI, Polri, juga berdoa untuk pemerintah Kota Bekasi supaya Tuhan memberikan pertolongan kepada kita dan kita bisa melewati wabah Covid-19 ini dengan baik, dan bangsa kita bisa bebas lolos dalam menghadapi kesulitan ini,” ungkapnya penuh harap.

Pada kesempatan yang sama, Penyelenggara Kristen Kantor Kemenag Kota Bekasi, Bapak M. Manik, SE., M.Th menyambut baik kegiatan penyaluran bantuan BPD Bekasi GBI kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 melalui Pemkot Bekasi.

“Saya kira bagus, lembaga keagamaan apalagi BPD Bekasi GBI. Disaat-saat inilah perlunya jatidiri Kristen itu, bukan hanya untuk suka saja, tetapi ketika ada persoalan, gereja harus terlibat, karena itu juga bagian dari amanat agung,” sebutnya.

“Kiranya bantuan-bantuan nyata seperti ini bisa berkelanjutan karena warga masyarakat yang terdampak dari wabah Covid-19 ini sangat membutuhkan uluran tangan. Saya kira BPD Bekasi GBI bisa lebih eksis kedepan karena memang sampai saat ini GBI adalah salah satu gereja yang paling aktif di Kota Bekasi. Sampai saat ini koordinasi dengan instansi pemerintah memang bagus,” sebutnya lagi seraya memberi apresiasi atas koordinasi sinode GBI selama ini dengan lembaga pemerintah di Kota Bekasi.

Ditambahkannya bahwa kegiatan BPD Bekasi GBI ini telah diketahui oleh Bapak Walikota yang menitipkan pesan melalui dirinya sebagai Penyelenggara Kristen Kota Bekasi untuk menyampaikan pesan terima kasih.

“Saya kira sangat baik dan perlu ditingkatkan dan pak walikota tadi pagi mengucapkan terima kasih melalui bimas Kristen, sampaikan terima kasih bahwa umat telah ikut berpartisipasi. Itu dari Bapak Walikota tadi pagi. Memang besar kecilnya itukan relatif, yang jelas kita ada tindakan nyata,” sebut Bapak M. Manik.

Staff BPD Bekasi GBI yang hadir dalam penyerahan bantuan mendampingi Ketua BPD, diantaranya; Pdt. Nuah Ginting (Wakil Ketua 2), Pdt. Stefanus H. Karsten, S.Th (Sekretaris BPD), Pdt. Welem Doko, S.Th., MA (Kabid Pelmas), Pdm. Tonny A. Hutabarat (Ka. Bidang Doa), Pdp. Ronald S. Onibala (Kabid Media & Literatur), Pdp. Ribka Sa’ari, S,Th (Ka. Bidang DPA).

“Pemberian bantuan paket sembako tahap pertama melalui Pemda Kota Bekasi ini adalah hasil donasi dari para jemaat GBI yang ada di Kota dan Kabupaten Bekasi. Ini merupakan wujud kepedulian dan kebersamaan sebagai warga Bekasi. Selain pemberian bantuan sembako ini, BPD Bekasi GBI melalui Pelmas sudah melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dibeberapa titik melalui Perwil GBI yang ada di Kota Bekasi dan akan terus berlanjut kedepan,” jelas Pdt. Nuah Ginting Wakil Ketua 2 yang membawahi bidang pelayanan masyarakat BPD Bekasi GBI. (RSO)



Tinggalkan Komentar